Sunday, July 29, 2007

Gaya Hidup Pesepakbola

Penghasilan dan Gaya Hidup Pesepakbola

Punya pacar model atau selebriti. Punya mobil mewah mentereng. Gaya hidup pesepakbola nasional tak kalah dibanding pesepakbola luar negeri.

Oleh Ade Irwansyah

Sebuah sedan mewah Honda S2000 warna kuning masuk pelataran parkir kantor majalah Femina, Kuningan, Jakarta, Kamis siang, 22 Juni kemarin. Dari mobil itu keluar dua sosok manusia: pesepakbola Hamka Hamzah dan kekasihnya, Marissa Nasution. Hari itu, Hamka mengantar Marissa yang diundang Femina buat sesi pemotretan. Marissa seorang model.
Hubungan kasih Hamka dan Marissa sudah berlangsung 8 bulan. Keduanya pertama kali bertemu di Vertigo, sebuah klub malam di Plaza Semanggi. Kala itu, Hamka sedang hang out bareng teman-temannya. Di lain pihak, Marissa sedang ke tempat itu bersama sepupunya. Dari sekadar kenalan, hubungan berlanjut jadi sepasang kekasih. “Dia sopan dan baik sekali,” kata Marissa kagum sambil menatap Hamka.

Buat Hamka, kehadiran Marissa di sisinya juga sangat berarti. “Prestasi saya naik karena dia. Dia sangat mendukung saya,” bilang Hamka, bek kesebelasan Persija Jakarta. Kisah cinta Hamka dan Marissa seakan bukti nyata kalau kehidupan pesepakbola tanah air lekat pula dengan dunia model. Pesepakbola sudah hidup bak selebriti. Kekasih pesepakbola tak mesti orang biasa. Model macam Marissa juga bisa kecantol pemain bola.

Di luar sana, rasanya sudah jamak kalau pesepakbola berpacaran dengan selebriti lain, entah foto model, penyanyi, atau bintang film. Bolehlah menyebut David Beckham, kapten tim Inggris dan pemain Real Madrid, yang beristrikan Victoria Adams, mantan personil Spice Girls. Setelah menikah, Victoria menaruh nama Beckham di belakang namanya. Bintang Real Madrid lainnya, Raul Gonzalez menikahi model Spanyol, Mamen Sanz. Luis Figo beristrikan model Swedia Helen Svedin. Francessco Totti menikahi Ilary Blasi, selebriti papan atas Italia. Andriy Shevcenko menikahi model asal AS Kristen Pazik. Alessandro Del Piero beristrikan model Italia Sonia Amorosu. Dan striker Brasil, Ronaldo menceraikan Milene Domingues, untuk pindah ke supermodel Daniella Ciccarelli, lalu menggaet fotomodel Brasil, Raica Oliveira.

Di Indonesia sini, tradisi pesepakbola berpasangan dengan model rasanya dimulai Kurniawan Dwi Yulianto. Mantan bintang PSSI Primavera ini beristrikan Kartika Dewi, seorang finalis Putri Indonesia 1996. Hubungan Kurniawan dan Tika, sapaan istrinya, sempat jadi berita kala Kurniawan menggugat cerai pada 2004. Kini, keduanya sudah rujuk dan tinggal di Cibubur, Jakarta. Dari Tika, Kurniawan dikarunai 2 anak.

Gaji pesepakbola dunia
Tentu saja, gaya hidup berpasangan dengan para model itu tidaklah murah. Namun demikian mereka sanggup menjalaninya. Sebab, para pesepakbola itu digaji selangit. Para pemain profesional di liga-liga Eropa “mandi duit” dari bermain bola. Gelandang tengah Chelsea, Frank Lampard, misalnya, digaji 1,7 miliar rupiah sepekan. Andalan tim Jerman yang baru ditransfer dari Bayern Muenchen ke Chelsea, Michael Ballack menerima honor 2 miliar rupiah setiap minggu.

Pemain bola lainnya juga bergaji tak kalah besar. Menyambut Piala Dunia 2006 di Jerman, majalah BusinessWeek mengeluarkan data daftar gaji 10 pemain bola paling besar. Ronaldinho, penyerang Brazil yang bergabung di klub Barcelona ini mendapat gaji 11,4 juta dollar setahun. Sementara itu, dari penghasilan lain, iklan misalnya, Ronaldinho dapat uang 17,8 juta dollar. Totalnya, dalam setahun ia dapat uang 29,2 juta dollar. Gaji pria berumur 26 tahun ini mengungguli petinggi Morgan Stanley, sebuah perusahaan bersaham tinggi di Wall Street, John J. Mack yang bergaji 27 juta dollar setahun. Beckham ada di urutan kedua dengan total penghasilan 22,9 juta dollar setahun. Gaji plus bonus dari bermain bola berjumlah 8 juta dollar. Sedangkan pendapatan lain jumlahnya bisa mencapai 14,8 juta dollar. Uang yang didapat pria 31 tahun ini sedikit lebih kecil dari Rupert Murdoch, raja media yang dapat uang 23,6 juta dollar tahun lalu.

Daftar itu masih panjang. Ronaldo dapat uang 22,1 juta dollar. Wayne Rooney yang baru berumur 20 tahun itu sudah menghasilkan uang 20,4 juta dollar. Zinedine Zidane dapat uang 19,1 juta dollar. Alessandro Del Piero dapat uang 14,6 juta dollar. Kapten tim Chelsea John Terry dapat uang 12, 3 juta dollar. Dan gelandang tengah Liverpool Steven Gerard diberi uang 11,7 juta dollar. Gaji-gaji mereka lebih besar ketimbang para petinggi perusahaan multinasional yang sudah bertahun-tahun merintis karier, macam chief executive Motorola Ed Zander (12,4 juta dollar), chief executive Polo Ralph Lauren (14,3 juta dollar), Leslie Moonves, chief executive stasiun teve CBS (22 juta dollar), atau chief executive Walt Disney Studio Michael Eisner yang hingga Oktober kemarin sudah baru mengumpulkan 11 juta dollar dari gaji, bonus, dan kompensasi lainnya.

Penghasilan pesepakbola nasional
Pertanyaannya, apakah pemain sepak bola nasional juga bergaji sebesar mereka? Tentu saja tidak. Namun, untuk ukuran orang sini gaji yang mereka peroleh dari mengolah si kulit bundar tidaklah kecil. Dalam daftar gaji terbesar, kata wartawan tabloid Bola Ario Yosia, kini diduduki Ismed Sofyan, kapten tim Persija. Kabarnya, untuk musim ini Ismed dapat nilai kontrak 1 miliar rupiah. Besaran kontrak berikutnya dipegang Hamka Hamzah, bek Persija. Nilai kontraknya seharga 800 juta rupiah. Nilai kontrak pesepakbola Mayadi Panggabean untuk bermain di PSMS Medan sekitar 750 juta rupiah. Sementara itu, kabarnya Maman Abdulrahman (PSIS Semarang), Aris Sidarto (Persik Kediri), Boaz Salosa (Persipura), Hendro Kartiko (kiper Persija) masing-masing dikontrak sekitar 600 juta rupiah musim kompetisi ini. Pemain-pemain unggulan di tim lain dikontrak rata-rata 400-500 juta rupiah.

Itu yang main di liga nasional. Bagi yang beruntung main di luar negeri macam Bambang Pamungkas dan Elie Eboy di Selangor FC, Malaysia, gajinya lebih besar lagi. Keduanya masing-masing dikontrak 1,5 miliar rupiah plus gaji 125 juta rupia sebulan.

Nilai kontrak itu tak langsung masuk ke kantong pemain. Saat meneken kontrak, kata Yos, sapaan Ario Yosia, pemain biasanya mencicipi uang kontan dari nilai kontrak sebesar 25 persen, “atau tergantung negosiasi, bisa 30 atau 50 persen di muka,” katanya. Dari situ, sisanya dibagi selama setahun dalam bentuk gaji per bulan. Jadi, jika Anda dikontrak 600 juta rupiah, di awal musim Anda langsung memegang uang tunai 150 juta rupiah. Sisanya yang 450 juta rupiah dicicil selama 12 bulan dalam bentuk gaji. Jumlahnya, dalam sebulan seorang pesepakbola dapat uang 37,5 juta rupiah.

Hitung-hitungan di atas tak mutlak meski itu berlaku umum. Kata Hamka, semuanya bisa “tergantung negosiasi dan pintar-pintarnya ngomong.” Hamka bilang, dapat gaji di luar nilai kontraknya yang 800 juta rupiah. “Dalam sebulan saya digaji 46 juta rupiah,” katanya terus terang. Sekadar informasi, Hamka sudah dapat gaji sebesar itu saat usianya belum genap 23 tahun.

Sebagai pembanding, dalam laporan majalah Swa Februari tahun lalu, untuk level sarjana (S-1), begitu masuk rata-rata karyawan digaji 2,5 juta rupiah. Bagi yang berlatar belakang pendidikan S-2, gaji terendah begitu masuk 3,047 juta rupiah. Karyawan yang punya jabatan manajer senior rata-rata bergaji 12-20 juta rupiah per bulan plus benefit lain semisal asuransi, kesehatan, tunjangan handphone, dan dana pensiun. Untuk level presiden direktur gajinya di kisaran 50-150 juta per bulan plus benefit lain.

O ya, satu hal lagi, pemain bola sini juga dapat bonus setiap kali bertanding. Sekali mencetak gol pesepakbola diberi bonus 2 juta rupiah. Bila memenangkan pertandingan, uangnya bertambah lagi 2 juta rupiah. Saelain itu, pengiklan juga kerap mendatangi pesepakbola ternama. Kurniawan dan Hendro Kartiko, misalnya, di-endorse oleh Puma. Sementara itu, dua bersaudara Boaz dan Ortisan Salosa di-endorse Adidas. Maman Abdulrahman jadi bintang iklan oli Top-One. Kurniawan juga jadi bintang iklan Sido Muncul. Uang dari iklan berbagai produk itu tentu saja membuat pundi-pundi uang mereka semakin gemuk.

Di luar, tampang pemain sepak bola sana lebih tampan ketimbang pesepakbola sini. Wajah mereka juga bisa jadi pemikat sebuah produk biar laku. Syahdan, Beckham dan kawan-kawan didapuk jadi bintang iklan banyak produk (lihat rubrik Gaya Bintang edisi ini). Beckham bahkan dinobatkan sebagai pria metroseksual terdepan. Para pria metroseksual biasanya suka stelan mahal, gandrung lagu-lagu Kyle Minoque, gemar ke salon bukan cuma buat pangkas rambut tapi juga perawatan wajah, punya peralatan mandi lengkap, dan banyak menghabiskan waktu di pusat kebugaran. Pesepakbola sana juga tak sungkan buat berlenggak-lenggok di lantai catwalk. Konon, pesepakbola bergaya bak peragawan dimulai Armani. Pada 1995, ia membuat gebrakan menyajikan bintang sepak bola David James, kiper Liverpool kala itu, jalan di lantai catwalk.

Ke mana uang mereka pergi?
Digaji selangit plus jadi bintang iklan membuat pesepakbola luar kaya raya. Lantas, kemana uang sebanyak itu mereka habiskan? Beckham mengisi garasi mobilnya dengan mobil-mobil mewah berbeda setiap waktu. Laporan situs Msn Inggris baru-baru ini menyebut garasi Beckham diisi sebuah Aston Martin Vanquish S, sebuah Hummer H2, sebuah Lincoln Navigator 4x4, sebuah Range Rover, sebuah Lamborghini Gallardo, sebuah Bentley Arnage, sebuah Rolls-Royce Phantom dan sebuah Audi A8. Dari timnya Real Madrid yang bekerjasama dengan Audi, ia dihadiahi sebuah mobil Audi seri Q7 4.2 4x4 seharga 70 ribu pound.

Rooney juga tak mau ketinggalan dengan Beckham. Ia juga punya Aston Martin Vanquish S, beserta: Cadillac Escalade seharga 50 ribu pound, kendaraan idaman rapper AS, dan sebuah BMW X5. Untuk berkendara bersama kekasihnya Collen McLoughin, Rooney membawa Mercedes SLK seharga 30 rbu pound. Pada ultah Colleen yang ke-19, Rooney menghadiahinya sedan Porsche 911 seharga 60 ribu pound. Nampaknya, Aston Martin juga jadi favorit pesepakbola lai semisal Steven Gerard, Frank Lampard, Michael Owen, Ashley dan Joe Cole—Ashley menambah koleksinya dengan membeli Mercedes SL500 dan sebuah Range Rover. Sementara itu Sol Campbell dan John terry masing-masing punya BMW X5 dan Bentley Continental GT. Kiper David James (kini Manchester City) punya sebuah Ford GT, mobil yang konon di Inggris cuma berjumlah 28 buah.

Selain membeli mobil-mobil mewah, para pesepakbola itu juga menghabiskan uang di tempat lain. Kapten tim Chelsea John Terry, misalnya, keranjingan judi pacuan kuda. Suatu kali, Terry mengajak rekan-rekannya di Chelsea, menyewa helikopter pribadi, menyaksikan pacuan kuda di Festival Cheltenham. Kabarnya, mereka total kalah taruhan hingga 500 ribu pound. Rooney dan Owen juga gila judi. Bahkan Rooney pernah dibelit utang 700 ribu pound atau 13 miliar rupiah.

Selain judi, gaya hidup mereka lainnya pun tak kalah bejad. Beckham yang sudah punya istri secantik Victoria pernah selingkuh dengan sekretaris pribadinya, Rebecca Loos. Adrian Mutu, Gianluca Paglica, dan Christian Vieri dikenal sebagai playboy. Pada 2000 lalu, menurut laporan koran Spanyol, mereka ditengarai suka pesta seks bersama pelacur-pelacur kelas atas. Beberapa pemain AS Roma juga pernah digunjingkan melakukan pesta seks dengan pelacur kelas atas.

Rupanya, yang boros bukan cuma pesepakbola yang bertanding di lapangan. Pasangan mereka pun tak kalah boros menghabiskan uang. Contohnya, para istri atau kekasih tim Inggris di Piala Dunia, Jerman. Menurut koran Daily Mail, kala suami atau kekasih mereka berlaga, perempuan-perempuan itu belanja di kota eksotis Baden Baden, Jerman. Dalam waktu sejam, 6 wanita itu mengelilingi butik yang tersebar menghabiskan 57 ribu pound buat beli baju dan sepatu.

Bagaimana dengan gaya hidup pesepakbola Indonesia? Asal tahu saja, mobil Honda S2000 kata pemiliknya, Hamka, dibeli seharga 760 juta rupiah pada 2003. Selain mobil itu, untuk kekuarganya di Makassar, Hamka membelikan sebuah Kijang Innova dan sebuah Mitsubishi Lancer untuk pamannya.

Dulu, kita sering pula dapat kabar kalau pesepakbola akrab dengan narkoba. Kurniawan, contohnya, kariernya pernah nyaris hancur gara-gara tersangkut kasus narkoba. Hal itu membuat penerusnya macam Hamka tak mau ikut-ikutan. “Kalau narkoba saya nggak pakai,” katanya.

Kehidupan pesepakbola nasional
Kata sebuah sumber Bintang, sejumlah atlet Persija sering menghabiskan waktu di diskotek Hailai, Ancol, Hard Rock kafe, hingga sebuah panti pijat bernama Kartika. “Itu panti pijat biasa, tapi pelanggannya kebanyakan pesepakbola,” katanya. Sekali pijat, tarifnya berkisar 250 ribu rupiah. Jenisnya, pijat gaya Thailand. Sumber itu berujar, buat tim yang bertandang ke Jakarta, “tak afdol kalau nggak mampir ke sana,” tambahnya.

Namun demikian, kata Hamka, dirinya kini mulai menghindari keluar malam. Kehadiran Marissa, kekasihnya, membuat hidup Hamka lebih baik. “Dia melarang saya keluar malam. Katanya, ‘Jaga diri kamu, kamu harus profesional,’” katanya. Kurniawan yang kini bergabung dengan PSS Sleman juga mulai mengurangi berhura-hura, menghabiskan gaji main bola. “Karena sudah memasuki kepala tiga, saya lebih bijaksana mngatur uang,” ujarnya pada Bintang, Jumat, 23 Juni kemarin.

Selain main bola, Kurniawan berkonsentrasi mengurus bisnisnya. “Saya sedang bisnis dengan orang Malaysia, bisnis penyemprotan,” bilangnya. “Lisensi dipegang mereka. Produk ini bisa menyemprot besi stainless, kulit, kayu, dan plastik.” Sudah 2 bulan ia membuka kantor dan workshop di Magelang dibantu 5 karyawan. Ia tak membeli mobil mewah Hamka. Ia mengaku kemana-mana cuma pakai Nissan Terano. “Kalau dulu sering gonta-ganti mobil karena masih labil,” katanya.

Bisnis di luar sepak bola juga mulai dirintis Hendro Kartiko, kiper Persija. Dari sepak bola, katanya, “bisa cepat dapat uang, dan uang itu bisa cepat pula hilangnya,” ujarnya. Karenanya, biar uangnya tak hilang percuma, Hendro meminta istrinya di Malang buat merintis bisnis. Di Jakarta Hendro tak hura-hura keluar malam atau beli mobil mewah. “Kalau keluar saya naik taksi saja,” katanya. Ia bilang, di rumahnya di Malang (di Jakarta Hendro tinggal di mess Persija, Ragunan) Hendro hanya memarkir sebuah Toyota Kijang.

Hendro juga mulai memikirkanmau jadi apa selepas kariernya di sepak bola berakhir. “Saya mau ikut kursus jadi pelatih. Saya ingin jadi pelatih sepakbola,” bilangnya. Hamka yang masih muda punya impian lain. “Saya ingin main bola terus. Saya ingin main di liga Korea atau Jepang,” katanya berharap. *** Dibantu laporan Hari Murtono
Dimuat BINTANG INDONESIA edisi 792.

No comments: