Monday, August 27, 2007

Anak Band & Groupies Part IV

Pada Anak Band Hati Mereka Terpaut

Bukan cuma groupies yang terpikat anak band. Pun demikian dengan sejumlah selebriti-selebriti nan cantik.

SELEPAS lulus SMA, Alexandra Gottardo (20) yang besar di Malang, Jawa Timur berencana kuliah di Jakarta. Kurang dari 5 bulan tinggal di Jakarta, ia dikenalkan pada manajer artis oleh sepupunya. Wajah cantik dan postur tubuhnya yang tinggi membuatnya ditawari main sinetron. Xandra, panggilannya, menyambut tawaran itu dengan antusias. Ia berkesempatan lagi memraktekkan kemampuan akting kala masih aktif berteater di Malang. Sayangnya, bakat teater Xandra belum terpakai maksimal. Sebagai pendatang baru ia cuma dapat peran kecil di sinetron Yoyo. Logat Jawanya yang medok juga dikritik sutradara lantaran terlihat kaku. Xandra tak putus asa. Lambat laun ia memperbaiki diri. Hasilnya, ia kembali dipercaya ikut berakting di Cinta Makin Gila. Di sinetron itu lagi-lagi Xandra dapat peran kecil. Namanya belum tenar.

Hingga, pada Mei tahun lalu, Xandra menghadiri sebuah acara di Bali. Di tempat itu hadir pula grup band Dewa. Xandra lantas berkenalan dengan penggebuk drum Dewa Tyo Nugros via temannya. "Waktu kenalan saya lihat dia nggak sombong," kata Xandra mengenang kesan pertamanya bertemu Tyo. Perkenalan di Bali berlanjut jadi saling menelepon. Hubungan Xandra dan Tyo semakin dekat.

Kala itu, siapapun tahu Tyo kekasih penyanyi Audy. Kedekatan Xandra dengan Tyo lantas menjadi santapan gosip media hiburan. Apalagi setelah ketahuan kalau Tyo dan Audy putus cinta. Wajah Xandra muncul di setiap tayangan infotainment. Orang pun mulai mengenalnya. Tawaran main sinetron makin berdatangan. Di sinetron komedi Sial-sial Mujur (Trans TV), Xandra jadi pemeran utama bareng Akri dan Parto. "Tidak benar saya jadi orang ketiga Tyo dan Audy. Toh saya kenal Tyo setelah putus dengan Audy," sangkal pemilik nama lengkap Alexandra Ria Farista Gottardo.

Sangkalan Xandra boleh jadi benar. Tyo dan Audy sudah putus beberapa bulan sebelum mereka berkenalan. Yang tak dapat disangkal, nama Xandra makin dikenal orang setelah berpacaran dengan Tyo. "Saya sudah duga, pasti orang akan bilang seperti itu. Yang pasti kedekatan saya dengan Tyo bukan karena ingin mendompleng popularitas," bantah penyuka warna coklat ini. Xandra tentu tulus mencintai Tyo. "Sejujurnya saya menyukai Tyo," kata Xandra. Tyo pun demikian. "Saya menilai dia sangat dewasa," puji Tyo buat Xandra.

Kisah cinta Xandra dan Tyo jadi satu contoh hubungan asmara anak band dengan selebritis -- entah itu sesama penyanyi, pesinetron atau model. Contoh lain masih banyak. Yang mutakhir tentu kedekatan Ariel, vokalis Peterpan dengan pesinetron anyar Luna Maya. Di berbagai kesempatan Luna membantah kedekatannya dengan Ariel ditafsirkan sebagai hubungan kasih.
Contoh lain, Rossa (26), pelantun Tegar berpacaran dengan penabuh drum Padi, Yoyo (27).

Kisah cinta mereka diawali kedatangan Rossa ke markas Padi di Lebak Bulus, Jakarta sekitar September 2001. Waktu itu Rossa datang sambil membawa CD (Compact Disc) album Padi Sesuatu yang Tertunda untuk ditandatangani personil Padi. Rencananya, CD itu akan Rossa berikan buat sahabatnya di Bandung. Setelah ditandangani, Yoyo menawarkan diri menyerahkan CD itu begitu manggung di Bandung. Rossa senang bukan main. Sejak perkenalan itu hubungan mereka makin dekat. "Dari situ jadi sering telepon dan kirim SMS," ungkap Rossa. Saking dekatnya, mereka sudah seperti sepasang kekasih. Padahal Yoyo belum pernah mengutarakan cinta.

Rossa lantas menanyakan kejelasan hubungan mereka. "Waktu itu saya hanya jawab begini, pacaran juga nggak apa-apa," buka Yoyo. Kalimat itu jadi petanda Rossa dan Yoyo jadian. Soal tanggal persisnya, mereka lupa. "Saya pernah usul tanggal 9 Oktober sebagai hari jadian kami. Bertepatan dengan ulang tahunnya. Jadi kalau perayaan, yang nraktir dia terus, hahaha," canda Yoyo. Ia dan Rossa boleh lupa tanggal jadian. Namun, tanggal 18 Maret tahun lalu takkan pernah mereka lupakan. Di hari itu, keduanya mengucap janji pernikahan di Masjid Agung Sumedang, Jawa Barat.

Presenter Sophie Navita boleh jadi contoh lain selebriti yang menikah dengan anak band. Sophie menikah dengan gitaris Jikustik, Stefanus Pongki Tri Barata (27) alias Pongki pada 23 Maret 2003 lalu. Pasangan ini bertemu beberapa tahun silam saat Pongki bersama personel Jikustik lain sedang mengikuti pemotretan album perdana. "Saya sedang ditugasi mewawancarai Jikustik untuk sebuah acara yang akan ditayangkan TVRI. Kesan pertama saya, Pongki yang paling menarik. Tapi hanya sebatas itu. Lagipula saya datang bareng pacar," kenang Sophie yang pernah berakting di sinetron Cerita Cinta.

Model dan pesinetron Adelia Lontoh (21) juga memilih anak band sebagai tambatan hati. Hati Adelia berlabuh pada vokalis Sheila on 7, Akhdiyat Duta Modjo atau Duta. Pertemuan Duta dengan Adelia terjadi di tempat kasting pembuatan video klip Seberapa Pantas. Tadinya, ada 3 bersaudara Lontoh yang bakal jadi model video kilpnya: Ananda Novi Lontoh, Adelia Lontoh, dan Ria Lontoh. Meski sudah dikasting, Adelia urung ikutan kerena ada kesibukan lain. "Pertama bertemu, saya sih biasa saja. Cuma kaget, kok dia sudah berani mencela. 'Wah ini anak baru kenal kok sudah berani mencela,'" ingat Duta. Sejak itu keduanya dipisahkan jarak. Komunikasi dilakukan via SMS. Sampai akhirnya, Duta memberanikan diri menelepon Adelia pada 21 Juli 2002. Sejak itu hubungan mereka makin dekat.

Begitu tak disibukkan aktivitas dengan Sheila on 7, Duta langsung ke Jakarta menyambangi rumah Adelia. Di pertengahan 2002 keduanya resmi pacaran. Pada Maret 2003, Duta membicarakan niat seriusnya menikahi Adelia. "Sebelum bilang pada orangtua Adelia, saya justru minta ijin pada kakak-kakaknya. Begitu mereka kasih lampu hijau, baru saya menghadap orangtuanya," kata Duta. Mereka menikah pada 23 Juni 2003 di kediaman Adelia di kawasan Bintaro, Jakarta. ***
Dimuat BINTANG INDONESIA, No.719, TH-XIV, MINGGU KELIMA JANUARI 2005

No comments: